Manfaat dan Cara Mengolah Kulit Manggis Khusus Kesehatan

Kulit manggis mempunyai banyak sekali manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Didalam kulit manggis terdapat kandungan antioksidan bernama xamthone.

Xamthone yaitu antioksidan yang mempunyai kemampuan untuk menghambat sel kanker serta mampu melindungi sel dari serangan radikal bebas penyebab dari berbagai jenis gangguan penyakit.

Kalangan farmasi banyak yang mencari kulit manggis ini untuk diekstrak dan dijadikan sebagai bahan baku obat herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti kanker, darah tinggi, diabetes (Baca : obat luka diabetes), prostat, penyakit paru, ginjal, dll.
Manggis yang dikenal sebagai "ratu buah" pasangan dari durian "raja buah". Kerabat manggis ini yaitu kokam, asam kandis, asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga india dan sumatera.
Kita sering sekali makan buah manggis dan seringkali membuah kulitnya, akan tetapi dibalik itu ada manfaat dari dalam kulit manggis.

Bukan itu saja, manfaat dari kulit manggis ini merupakan yang paling banyak dicari dan digunakan untuk dijadikan obat alternatif berbagai macam penyakit dan dimanfaatkan dalam urusan kecantikan.

Buah manggis memang mempunyai rasa yang enak dan mempunyai banyak sekali kandungan yang bermanfaat, akan tetapi faktanya yaitu kulit manggis lah yang mempunyai manfaat yang lebih.

Terdapat kandungan senyawa xanthone pada kulit manggis yang sampai saat ini banyak dikembangkan dan diproduksi dalam bentuk sirup, kapsul, dan tablet.

Senyawa xanthone mempunyai sifat sebagai antidiabetes, antikanker, antiperadangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat kulit manggis yang harus anda ketahui :
  • Bagus untuk kesehatan tubuh yang menyuluruh
  • Bagus untuk kesehatan jantung
  • Bagus untuk kesehatan pencernaan
  • Bagus untuk membuat lebih awet muda
  • Bagus untuk kesehatan keluarga
  • Bagus untuk kesehatan pria
  • Bagus untuk kesehatan wanita
  • Bagus untuk kesehatan anak-anak
  • Dan masih banyak lagi
Cara mengolah kulit manggis supaya bisa dikonsumsi yaitu sebagai berikut :
  1. Cuci bersih kulit manggis
  2. Potong kulit manggis menjadi 2butir
  3. Rebus potongan kulit manggis dalam 4 gelas air
  4. Tunggu sampai mendidih dan tersisa 2 gelas
Air rebusan tersaring tersebut konsumsi secara rutin 2 - 3 kali dalam sehari.

Perlu diketahui bahwa kulit manggis mempunyai kandungan kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lain yang tidak bisa dicerna tubuh pada kadar tinggi.

Terkadang timbul kasus akibat mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik seperti gangguan pada kesehatan ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya.

Ketika muncul kasus seperti diatas, maka segeralah hentikan pemakaian dan hubungi dokter.

Komentar